Syakira

Kamis, 05 Maret 2009

Tugas ZZ 1 : "Menulis Jadi Kebutuhan"


Dari kecil aku sudah suka membaca, sejak umur 8 tahun aku sudah berlangganan majalah anak-anak. Hal itu berlangsung hingga usia ku mengginjak remaja diusia 12 aku mulai menggenal yang namanya komik dan novel. Awalnya aku lebih tertarik pada komik karena komik dapat dibaca dengan cepat jadi tdak mudah bosan, selain itu kebanyakan komik memiliki cerita cinta yang didalamnya menyimpan misteri, yah itulah tipe cerita yang aku suka, selain itu banyak juga yang bercerita tentang detektif, pokoknya seru! Aku pun sempat mengkoleksi beberapa komik dirumah, akupun sempat berkeingginan membuka perpustakaan mini dirumah.Tapi keingginan ku itu ditentang keras oleh orang tua. Kegemaran ku membaca membuat aku mulai senang menulis mulai dari menulis diary, belajar membuat cerpen, hingga membuat buku diary yang isinya kata hatiku dalam bentuk puisi yang mengandung sejuta arti dan hanya aku yang tau makna nya. Di SMP bakat ku mulai tersalurkan dengan aku ikut menjadi salah satu redaksi majalah sekolah. DiSMA aku mulai bosan dengan komik, akhirnya aku memilih memperbanyak kosa kata dengan membaca novel, yang akhirnya membuat ku ketagihan. Luna Torayasingu adalah pengarang faforit ku karena luna membuat cerita-cerita dalam novelnya lebih mengandung unsur misteri didalamnya. Di SMA pula aku ingin menambah pengetahuan saya tentang membaca dan menulis, untungnya aku memilih sekolah yang tepat diSMAdaBO bakat ku aku salurkan dengan mengikuti salah satu extra kulikuler Zig-Zag yang ada dismada, dengan mengikuti exskul ZZ ini aku bisa belajar cara menulis yang baik dan benar tidak seperti dulu aku menulis apa adanya, kini tulisan yang aku buat lebih bervariatif dan lebih berbobot. Aku pun setelah mengikuti ekskul ZZ tidak hanya menulis cerpen atau puisi sekarang aku tidak kesulitan lagi dalam membuat berita. Aku memang tidak salah mendalami kegiatan ini. Dan siapa jga yang tahu jika mungkin suatu saat hasil karyaku dapat dinikmati orng banyak.

Tapi berbagai bakat yang kumiliki pasti mempunyai berbagai kekurangan yang sudah berusaha aku tutupi, dalam hal ini tulisan tanggan ku tak mendukung aku tak dapat menulis dengan tanggan dengan baik, tapi untung sekarang ada komputer yang dapat menutupi kekurangan ku. Aku juga sulit menggabungkan kata-kata agar dapat menjadi kalimat yang mengesankan dan indah. Selain itu aku kurang bisa mengatur waktu untuk menulis waktu ku sering terbuang sia-sia. Dan aku juga sulit mencari waktu yang tepat untuk menulis dan menemukan ide-ide yang oke untuk menulis. Ya malas adalah hal yang membuat kesuksesan ku dan mungkin semua orang gagal, makadari itu aku akan mencoba memerangi sifat malas itu. Agar kesuksesan yang akan ku dapatkan nanti. Aku juga membuat Komitmen pada diriku bahwa “menulis adalah kebutuhan” jadi sifat malas ku hilang dan aku dapat terus berkarya.

1 komentar:

Prawoto R. Sujadi on 5 Maret 2009 pukul 22.52 mengatakan...

Dilihat dari kualiatas penulisan, justru tugas pertama lebih bagus,menandakan kalo tugas kedua di buat lebih matang.

1. Kata pembuka akan lebih manis jika menggunakan kata sejak.

2. Kata usiaku harus di gandeng. terus kalimat "Hal itu berlangsung hingga usia ku mengginjak remaja diusia 12 aku mulai menggenal yang namanya komik dan novel" sebenanrny bisa dijadikan 2 kalimat. Bagaiman kalo di buat "Hal itu berlangsung hingga usiku mengginjak remaja. Saat usia 12. aku mulai menggenal yang namanya komik dan novel.

3. Pada paragraf I mestinya kamu cerita tentang masa kecilmu saja. Dilanjt pada paragraf II, ceritakan tentang perpustakaan minimu.

4. Kemudian ceritakan saat SMP dan SMA pada pargraf lanjutnan. Seperti itu lebih enak. sampai akhirnya kamu ikut ZZ.

5. Kalimat di awal paragraf kedua salah. Coba pikir secara logika, berbgai bakat memilki kekurangan. Aku tau maksudnya orangnya, tapi yang kamu tulis ambigu.

6. Paragraf II itu ide pokok yang say tangkap adalah, kendala yang kamu hadapi saat ingin menulis.

7. Selanjutnya buat yang lebih runtut.

 

My Blog List

Term of Use

EnjoY YouR LivE Copyright © 2009 Flower Garden is Designed by Ipietoon for Tadpole's Notez Flower Image by Dapino